Jumat, 14 Juni 2013

pengertian forex

Apa itu forex ?                                 

 

Forex adalah berasal dari kata ” Foreign Exchange ” , yang berarti pertukaran mata uang asing , atau pertukaran mata uang yang satu dengan yang lainnya , yang tujuan awalnya adalah untuk pembayaran luar negeri .
Karena adanya perbedaan suply and demand dalam suatu waktu tertentu, mengakibatkan adanya fluktuasi nilai mata uang yang satu dibandingkan dengan yang lainnya. Selisih dari pebedaan nilai uang pada suatu waktu inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk mengambil keuntungan. 
Sejak ada pemahaman seperti itu akhirnya mata uang diperdagangkan dalam sebuah pasar yang disebut forex market.
Forex trading adalah kegiatan Beli (buy) atau Jual (sell) mata uang secara terus menerus dan konsisten untuk mendapatkan keuntungan .
Dapat pula diartikan bahwa forex trading intinya adalah kegiatan menukarkan mata uang yang satu dengan yang lainnya secara terus menerus untuk mendapatkan keuntungan.
Berbeda dengan trading saham yang hanya mendapatkan keuntungan jika saham yang kita beli harganya naik , pada forex trading kita bisa mendapatkan keuntungan dari dua arah , baik harga itu naik ataupun turun contohnya :


Pengertian Forex Trading 
Keuntungan dari harga naik:
Harga atau Nilai tukar GBP/USD sekarang adalah 1,5000
Artinya 1 GBP = 1,5 USD
( 1 GBP (poundsterling ) jika ditukarkan menjadi USD (dollar) menjadi 1,5 USD)
Sekarang saya memiliki modal sejumlah $150 .
Saya memprediksi bahwa nilai tukar GBP/USD akan Naik
Yang saya lakukan adalah BUY GBP/ USD atau membeli GBP menggunakan USD , dalam arti menukarkan dollar saya menjadi pounds.
Setelah ditukar, $150 saya berubah menjadi 100 pounds .
Selang satu jam Nilai tukar GBP/USD naik menjadi 1,7000
Artinya 1 GBP = 1,7 USD
Yang harus saya lakukan sekarang adalah SELL GBP/USD atau menukarkan kembali 100 Pounds yang saya pegang menjadi dollar.
Setelah ditukarkan 100 pounds saya menjadi $ 170 (100 x 1,7 )
Dari transaksi BUY lalu SELL dalam selang waktu satu jam tadi modal saya berubah dari $150 menjadi $ 170 ,artinya saya mendapatkan keuntungan sebesar $20 . 

Kuntungan dari harga turun :  

Strategi Hedging Forex 
Harga atau Nilai tukar GBP/USD sekarang adalah 1,5000
Saya memprediksi Nilai tukar GBP/USD akan turun .
Sehingga yang saya lakukan adalah SELL GBP/USD . misalkan saya mau jual 100 pounds .
Karena saya tidak memiliki pounds yang akan dijual ,prosesnya adalah saya meminjam 100 pounds uang broker untuk dijual atau ditukarkan ke dollar.
Setelah ditukarkan 100 pounds tadi berubah menjadi $150.
Selang satu jam nilai tukar GBP/USD turun dari 1,5000 menjadi 1,4000
Artinya 1 GBP = 1,4 USD atau 1 USD = 0,72 GBP
Yang saya lakukan sekarang adalah saya tukar kembali $150 menjadi poundsterling. Sehingga saya akan mendapatlan 107 pounds .
Sekarang saya pegang 107 pounds .Dari 107 pounds ini , 100 pounds saya kembalikan ke broker ,dan sisanya 7 pounds ini adalah keuntungan saya .
Dari transaksi SELL lalu BUY dalam selang waktu satu jam tadi modal saya berubah dari 100 pounds menjadi 107 pounds ,artinya saya mendapatkan keuntungan sebesar 7 pounds .
Dalam prakteknya tidaklah serumit penjelasan diatas, karena setiap broker menyediakan system yang mempermudah nasabahnya.
Begitu anda memprediksi harga akan naik, anda BUY . jika ternyata memang NAIK anda CLOSE maka anda untung .Keuntungan dihitung dari jumlah point yang didapat dikali jumlah lot yang diperdagangkan.
Begitu pula jika anda memprediksi harga akan turun ,anda SELL ,jika ternyata memang TURUN anda CLOSE maka anda untung.
Dengan memahami bahwa kita bisa mendapatkan keuntungan dari dua arah ini , yaitu market menurun dan market naik , diharapkan anda bisa melihat bahwa ada sebuah kesempatan besar yang ditawarkan oleh forex trading untuk anda agar bisa meraih keuntungan kapan pun , dimanapun dan dari kondisi market seperti apapun .
Materi belajar forex selanjutnya adalah  >>>continue

**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar